adfly

Selasa, 19 Oktober 2010

SAMSUNG

Sama halnya seperti pada tv sharp , tv samsung pun sering terjadi proteksi. penyebabnya bisa bermacam - macam tapi pada kesempatan ini penulis akan membahas kerusakan yang sering terjadi ( kerusakan yang umum ) diantaranya adalah :
1. Playback transformator , sering sekali playbeck pada merk ini mengalami kerusakan penyebabnya dikarenakan pemakaian yang non stop sehingga beban panas pada playback terlalu berlebih , untuk mengetahui rusak dan tidaknya bisa diukur pada tegangan horizontal ( 145 volt ) yang ngedrop / turun , atau transistor demper horizontal yang panas atau selalu jebol bila diganti. Untuk mencegah keruksakan ini bisa dengan mengatur pemakaian tv jangan memporsirnya 24 jam sehari cukup dengan mematikan tv selama 15 menit - 30 menit setiap 6 jam .
2. Power suplai regulator, keruksakan pada bagian ini sering disebabkan karena turun naiknya tegangan listrik sehingga catu daya pada regulator tidak stabil yang menyebabkan jebolnya STR pada regulator. Apabila pesawat tv anda tersambar  petir biasanya menyebabkan keruksakan beberapa komponen bukan STRnya saja . Tindakan yang bisa di ambil adalah dengan memakai stabilizer regulator  ( STAVOL ) sehingga tegangan yang masuk selalu stabil .
3. Ic memori yang rusak , biasanya terjadi karena keruksakan sebelumnya dari playback atau regulator dan tersambar petir hal ini tidak selalu menyebabkan proteksi . Keruksakan yang sering terjadi biasanya tidak adanya siaran atau tv tidak mau menangkap sinyal  dari stasiun tv bahakan tv tidak mau on /standbay dll. untuk menanggulanginya adalah dengan menggati Ic memori dengan yang baru ( bisa diganti dengan ic memori tipe 24c16 ) . lalu sesuaikan settingannya dengan membuka menu servisnya. ( untuk kode menu servisnya bisa dilihat disini )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar